PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Model Discovery Learning

Authors

  • esti hidayati MTs Negeri 8 Gunungkidul, D.I.Yogyakarta

Keywords:

discovery learning, minat, hasil belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Discovery Learning. Materinya adalah Persamaan Kuadrat. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus, setiap silkus terdiri dari 4 kegiatan utama, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi  

Metode pengumpulan data pada penelitian ini melaui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Data penelitian diperoleh minat rendah menurun dari 43,48 % menjadi 8,69 %.  Minat sedang menurun dari 26,09 % menjadi 4,35 % , sedangkan minat tinggi naik dari 30,43 % menjadi 86,96 %. Hal ini berarti minat siswa rendah menurun / berkurang, sedangkan minat tinggi mengalami kenaikan / peningkatan.

Hasil belajar siswa dalam penelitian ini juga sudah memenuhi indikator keberhasilan siswa yaitu hasil belajar siswa diatas 80 % mencapai nilai KKM, dalam penelitian ini, siswa yang mencapai nilai KKM ada 86, 96 %.

Kesimpulan penelitian adalah ada peningkatan minat dan hasil belajar matematika dengan menggunakan Model Discovery Learning, khususnya pada pokok bahasan Persamaan Kuadrat. Dengan menggunakan Model Discovery Learning ini siswa lebih berminat dan tertarik mempelajari matematika yang  akan senantiasa mendorong pada tingkat keberhasilan pembelajaran.

Published

2021-12-12

How to Cite

hidayati, esti. (2021). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA : Model Discovery Learning. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(2), 18-34. Retrieved from https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/175

Issue

Section

Articles