PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEREDARAN DARAH

Authors

  • Akhmad Sugiarto MTsN Batu

Keywords:

Assemblr Edu, Augmented Reality, Media, Tiga Dimensi

Abstract

Guru pada abad 21 era industri 4.0 harus berinovasi sehingga pembelajaran akan efektif, menyenangkan, dan tujuan pembelajaran tetap tercapai. Kegiatan pembelajaran yang lancar sesuai target kurikulum diperlukan persiapan oleh seorang guru, seperti materi yang dikemas bagus dan didukung oleh media yang mudah dan menarik. Salah satu media yang saat ini mudah didapat adalah HP android, yang hampir setiap orang sudah memilikinya. Tujuan penulisan best practice menggunakan Augmented Reality (AR) Assemblr Edu adalah menjadikan gambar 2D yang ada di materi IPA yang selama ini sulit dipahami menjadi nyata, bisa bergerak dan bisa diproyeksikan di lingkungan madrasah. Penggunaan Augmented Reality (AR) Assemblr Edu akan menjadikan materi mudah dipahami, sehingga meningkatkan minat belajar peserta didik untuk mata pelajaran IPA materi peredaran darah. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif deskrestif dengan pengambilan data melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media tiga dimensi (3D) menggunakan Augmented Reality (AR) Assemblr Edu mampu meningkatkan pemahaman peserta didik hingga 96,97% sehingga mereka termotivasi untuk belajar.

Published

2022-01-27

How to Cite

Akhmad Sugiarto. (2022). PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEREDARAN DARAH. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 1-13. Retrieved from https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/248