GAJI DAN MOTIVASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN)

Authors

  • Abdul Wafi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur
  • Mohammad Holis Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan

Keywords:

gaji, motivasi, tenaga kependidikan

Abstract

Gaji dan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui pengaruh gaji terhadap motivasi kerja tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk mengetahui besarnya pengaruh gaji terhadap motivasi kerja tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian korelasi. Pada penelitian ini, yang menjadi variabel X adalah gaji sedangkan yang menjadi variabel Y adalah motivasi kerja tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN). Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini, dilakukan secara random.

Pemberian gaji kepada tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) diberikan secara teratur setiap bulan. Selain diberikan gaji setiap bulan, Tenaga Kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diberikan insentif-insentif finansial lainnya, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, tunjangan hari tua, reward, uang transport, dan uang santunan. Bahwa berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, ternyata pemberian gaji dan insentif-insentif finansial lainnya secara tepat dan benar mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi kerja tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian ternyata antara gaji tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan motivasi kerja tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebesar 0,671, ini berarti terdapat pengaruh yang cukup kuat antara pemberian gaji terhadap motivasi kerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Published

2022-12-12

How to Cite

Abdul Wafi, & Mohammad Holis. (2022). GAJI DAN MOTIVASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN). Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(2), 1-20. Retrieved from https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/326