PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN SCRABBLE GAME DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB

Authors

  • Mutia Khaira Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pasaman

Keywords:

Crossword Puzzle, Scrabble game, Arab

Abstract

Peserta didik kelas VII semester akhir masih kesulitan dalam menghafalkan kosa kata Bahasa Arab yang berdampak pada minimnya perbendaharaan kosa kata yang didapatnya. Melalui pemanfaatan  media pembelajaran menggunakan crossword puzzle dan scrabble game diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan penggunaan Media Crossword puzzle dan Scrabble game dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab di MTsN 1 Pasaman. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif komparatif dengan cara membandingkan dua variabel melalui hasil pre test dan post tes menggunakan perlakuan media crossword puzzle dan Scrabble game. Berdasarkan data hasil uji analisa Mann-Whitney didapatkan skor signifikansi sebesar 0,037 berbanding <0,05 dengan acuan pengambilan keputusan Mann-Whitney. Sementara, skor N-gain kelas kontrol dengan kelas eksperimen yakni 51,3889% banding 48,2667%.  Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan  bahwa peningkatan nilai hasil belajar siswa lebih efektif terjadi pada kelas kontrol yang menggunakan metode scrabble game dibandingkan dengan penggunaan metode crossword puzzle pada kelas eksperimen.

Published

2022-01-26

How to Cite

Mutia Khaira. (2022). PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN SCRABBLE GAME DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 63-77. Retrieved from https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/242