METAVERSE DAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH; TANTANGAN DAN PELUANG

Authors

  • Rinda Fauzian MTs N 1 Pangandaran

Keywords:

Augmented Reality, digitalisasi, metaverse

Abstract

Tujuan dari penelitian ini menganalisis implementasi metaverse dalam pembelajaran SKI di madrasah dan menguraikan tantangan dan peluang pembelajaran SKI di madrasah pada era metaverse. Hasil penelitian menunjukan teknologi metaverse dalam bentuk Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran SKI memang sangat bermanfaat bagi peserta didik. Sehingga peserta didik tidak hanya learning to know, melainkan mereka akan learning to live together. Pembelajaran SKI menggunakan teknologi metaverse dalam bentuk AR, tentunya tidak terlepas dari yang menjadi peluang dan tantangan. Peluang yang hadir di depan mata antara lain: pertama, mutu Pendidikan meningkat. Kedua, motivasi siswa meningkat. Ketiga, tingkat literasi medianya meningkat. Keempat, Pendidikan menuju peradaban baru. Sementara itu, tantangan yang dihadapi ialah status metaverse itu sendiri bagi masyarakat atau peserta didik yang terbatas akan teknologi dan kurang mampu. Alhasil, teknologi metaverse implikasinya terhadap pembelajaran SKI sangat berpengaruh besar dan berdampak terhadap efektifitas dan efisiensi pembelajaran dalam mengantarkan peserta didik yang berperadaban.

Published

2022-10-28

How to Cite

Rinda Fauzian. (2022). METAVERSE DAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH; TANTANGAN DAN PELUANG. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 27-37. Retrieved from https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/296